Membangun Inklusi melalui Praktek Nyata

Mungkin bagi sebagian pihak yang bergerak di dunia Disabilitas, selama ini sudah berusaha untuk menginformasikan tentang potensi dan gerak langkah anak-anak Disabilitas. Namun harus jujur diakui, bagi sebagian masyarakat masih saja belum terbiasa berinteraksi dengan Disabilitas.

YPAC Jakarta berusaha melakukan sosialisasi dan membangun kesadaran tentang Disabilitas kepada masyarakat melalui berbagai contoh langsung. Salah satunya dengan mengirimkan adik-adik anggota Pramuka Berkebutuhan Khusus mengikuti kegiatan Jambore Cabang 2019 yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Jakarta Selatan di Cibubur, tanggal 30 Oktober hingga 1 Nopember 2019.

Menjadi satu-satunya Pramuka Disabilitas diantara ratusan anggota Pramuka dari berbagai sekolah reguler bukan penghalang anak-anak dari SLB.D-D1 YPAC Jakarta untuk memperlihatkan potensi mereka. Namun dibalik itu semua, kehadiran anak-anak dengan hambatan Cerebral Palsy justru memberikan pembelajaran bagi anggota Pramuka lainnya yang tidak disabilitas untuk membangun hubungan sosial, berusaha berkomunikasi, mengikis sedikit demi sedikit rasa canggung, takut, bingung harus bagaimana saat bertemu teman-temannya yang disabilitas.

Itu semua tidak hanya cukup dengan sekedar teori, informasi, atau wacana, tetapi harus dengan praktek berinteraksi langsung.

Melalui kegiatan langsung, diharapkan pemahaman inklusi akan tumbuh menjadi kesadaran bersikap dan tanggung jawab anak-anak tersebut, karena sejatinya mereka, anak-anak itulah pengisi masa depan bangsa dan negara. Masa depan yang inklusif untuk kita semua. (AgoesRakhman_YPACJakarta)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.